PROFILE

DINAS BINA MARGA DAN SUMBER DAYA AIR

KABUPATEN SANGGAU

Jalan RE. Martadinata No. 16 Sanggau ( 78516 )

Kabupaten Sanggau – Provinsi Kalimantan Barat

Telepon / Faksimili : ( 0564 ) 21171 / 21302

Email : disbimasda@sanggau.go.idbmsda.sgu@gmail.com

Website :  http://disbimasda.sanggau.go.id

 

  1. PROFIL BADAN  PUBLIK
        Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau merupakan salah satu dari Dinas Daerah dan menjadi bagian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Dinas Daerah merupakan unsur pelaksana otonomi daerah yang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sanggau Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, serta Peraturan Bupati Sanggau Nomor 45 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau.

Dulunya Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau bergabung ke dalam Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sanggau. Dengan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Sanggau dan Peraturan Bupati Sanggau tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sanggau menjadi 2 (dua) Perangkat Daerah, yaitu :

(1)           Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau dengan kantor di Jalan RE. Martadinata Nomor 16 Sanggau; dan

(2)           Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Kabupaten Sanggau dengan kantor di Komplek Perkantoran Sabang Merah – Sanggau.

 

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan Daerah di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang subbidang sumber daya air, jalan, dan jasa konstruksi. Dinas dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Sanggau melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau.

Susunan organisasi Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau terdiri atas :

(1)           Sekretariat;

(2)           Bidang Bina Konstruksi;

(3)           Bidang Sumber Daya Air;

(4)           Bidang Jalan dan Jembatan;

(5)           Bidang Pembinaan dan Pengendalian;

(6)           Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) : UPTD Peralatan Jalan, UPTD Laboratorium, dan UPTD Pengamat Pengairan; dan

(7)           Jabatan Fungsional (Jabfung) : Jabfung Umum, dan Jabfung Tertentu.

 

2.    VISI  DAN  MISI

Visi merupakan sebuah gambaran yang akan diwujudkan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau, dimana infrastruktur pekerjaan umum yang terbangun harus memenuhi kualifikasi teknis sesuai perkembangan dan kemajuan teknologi serta beroperasi secara optimal seiring dengan tuntutan kualitas kehidupan masyarakat. Oleh karena itu pembangunan infrastruktur pekerjaan umum ditetapkan dengan visi :

PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DAN SUMBER DAYA AIR

YANG ANDAL, TERPADU, DAN BERKELANJUTAN

Visi tersebut diartikan sebagai suatu proses untuk mewujudkan tingkat dan kondisi ketersediaan, keterpaduan, serta kualitas dan cakupan pelayanan infrastruktur jalan dan sumber daya air yang produktif dan cerdas, berkeselamatan, mendukung kesehatan masyarakat, menyeimbangkan pertumbuhan wilayah, memenuhi kebutuhan dasar, serta berkelanjutan yang berasaskan gotong royong guna mencapai masyarakat yang lebih sejahtera.

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan Visi. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan. Berdasarkan mandat yang diemban oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau, sebagaimana yang tercantum di dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sanggau Nomor 8 Tahun 2016, Peraturan Bupati Sanggau Nomor 45 Tahun 2016, serta sejalan dengan tugas dan fungsi yang ada, maka untuk mencapai Visi ditetapkan Misi Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau yaitu :

(1)           Mewujudkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang berkelanjutan dengan mobilitas, aksesibilitas dan keselamatan yang memadai, dalam rangka meningkatkan pelayanan konektivitas, mendukung pengembangan wilayah, serta kelancaran arus orang dan distribusi barang/jasa;

(2)           Mewujudkan pembangunan infrastruktur sumber daya air untuk mendukung revitalisasi pertanian, serta ketahanan air, pangan dan energi, berlandaskan konservasi dan pendayagunaan sumber daya air serta pengendalian daya rusak air;

(3)           Menyelenggarakan pembangunan infrastruktur jalan dan sumber daya air secara terpadu berbasis penataan ruang serta didukung oleh tata kelola dan industri jasa konstruksi yang berkualitas; dan

(4)           Meningkatkan tata kelola organisasi pemerintahan yang meliputi sumber daya manusia, pembinaan dan pengendalian, serta kesekretariatan untuk mendukung fungsi manajemen yang meliputi perencanaan yang terpadu, pengorganisasian yang efisien, pelaksanaan yang tepat, dan pengawasan yang ketat.

 

3.    TUJUAN DAN SASARAN

 

Bertitik tolak dari Visi dan Misi, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau menetapkan beberapa tujuan yang hendak dicapai, yaitu  :

(1)           Meningkatkan sistem jaringan infrastruktur jalan dan jembatan sesuai dengan kapasitas, standar geometrik dan kelas jalan.

(2)           Meningkatkan keandalan sistem jaringan irigasi dan rawa.

(3)           Meningkatkan keandalan sistem jaringan infrastruktur sumber daya air.

(4)           Mewujudkan ketertiban penyelenggaraan konstruksi yang berkelanjutan.

(5)           Mewujudkan pelayanan administrasi perkantoran yang tertib, serta pelaporan capaian kinerja dan keuangan yang akuntabel.

 

Adapun beberapa Sasaran yang ingin dicapai oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau, yaitu :

(1)           Meningkatnya kuantitas dan kualitas jalan Kabupaten dalam kondisi mantap.

(2)           Meningkatnya penyelenggaraan akses jalan antar Desa.

(3)           Meningkatnya layanan jaringan irigasi dan rawa.

(4)           Meningkatnya kualitas pengendalian banjir.

(5)           Meningkatnya pencapaian pelaku, proses, dan produk konstruksi yang berkualitas.

(6)           Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran  melalui  pemenuhan sarana dan prasarana aparatur serta peningkatan kapasitas dan kompetensi aparatur.

(7)           Meningkatnya kinerja hasil pelaporan capaian kinerja dan keuangan.

 

 

4.    TUGAS  DAN  FUNGSI

 

        Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau mempunyai tugas membantu Bupati Sanggau melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang sub urusan sumber daya air, jalan, dan jasa konstruksi.

 

Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau menyelenggarakan fungsi :

(1)           Perumusan kebijakan urusan pemerintahan di bidang  sumber daya air, jalan dan jembatan, bina konstruksi, serta pembinaan dan pengendalian pekerjaan umum;

(2)           Pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan di bidang sumber daya air, jalan dan jembatan, bina konstruksi, serta pembinaan dan pengendalian pekerjaan umum;

(3)           Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan atas penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang sumber daya air, jalan dan jembatan, bina konstruksi, serta pembinaan dan pengendalian pekerjaan umum;

(4)           Pelaksanaan administrasi di lingkup Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau; dan

(5)           Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati Sanggau terkait dengan tugas dan fungsinya.